Curug Luhur Surade

Curug sendiri dalam bahasa sunda berarti air terjun; luhur  berati tinggi, jadi Curug Lhur bisa diartikan sebagai air terjun yang tinggi. Dan sesuai dengan namanya Curug Lhur memiliki ketinggian yang cukup tinggi. Memang belum ada yang mengukur ketinggian curug ini, namun Salah satu potensi alam yang dimiliki oleh Kelurahan Surade Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi adalah terdapatnya air terjun yang oleh warga sekitar menamainya Curug Luhur.
Curug sendiri dalam bahasa sunda berarti air terjun; luhur berati tinggi, jadi Curug Lhur bisa diartikan sebagai air terjun yang tinggi. Dan sesuai dengan namanya Curug Lhur memiliki ketinggian yang cukup tinggi. Memang belum ada yang mengukur ketinggian curug ini, namun kalau diperkirakan ketinggian curug ini kurang lebih 30 m. Curug luhur sendiri memiliki tiga 'umpak' atau tingkat.

Letak Curug Luhur sendiri di Dusun Batu Suhunan RT. 14 Kelurahan Surade. Dan pada kegiatan penentuan wilayah prioritas PLPBK warga sepakat menjadikan Curug Luhur sebagai wilayah prioritas. Ini berarti bahwa program Penataan Lingkungan dan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) akan menata Curug Luhur. Dan dana untuk penataan wilayah prioritas adalah sebesar 100 juta rupiah.
Memang angka yang sangat sedikit untuk menata satu wilayah pariwisata. Namun demikian ada harapan ke depan lokasi Curug Luhur akan mendapatkan banyak peluang investasi dari berbagai pihak.

Apalagi dalam proses penentuan wilayah prioritas ini masyarakat Kelurahan Surade, terutama masyarakat sekitas Curug Luhur diajak bersama-sama dalam penentuanya. Sehingga melalui penyepakatan warga sekitar dan persetujuan dari seluruh masyarakat Kelurahan Surade. Ini berarti tidak akan ada halangan dari pihak masyarakat apabila ada investor yang akan berinvestasi di lokasi ini.

Dengan satu catatan bahwa warga sekitar Curug Luhur menginginkan pola pariwisata yang akan dikembangkan di Curug Luhur adalah Pariwisata yang Islami. Artinya sebuah lokasi pariwisata yang menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islam-an. Yang nantinya masyarakat dapat tumbuh dan berkembang melalui sektor pariwisata namun jauh dari pengrusakan ahlak dan alam sekitar.

sumber: http://www.surade.co.cc/2010/10/curug-luhur-surade.html

Author:

1 komentar:

  1. wow ternyata indonesia kaya akan lokasi indahnya .. jadi kawan kawan tidak usa ke manca negara
    cukup di indonesia saja ya,,,..

    oke guys bagi yang ingin cari tempat ato wadah untuk perbekalan wisata silahkn buka web di

    www.infomoorlife.com

    BalasHapus

Jika Anda mengetahui tempat ini dan memiliki info yang belum tertulis, silahkan beri masukan agar lebih bermanfaat bagi para Pecinta Wisata Alam Indonesia dan pihak-pihak yang terkait :D