Danau Sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum adalah taman nasional yang melindungi keanekaragaman hayati Danau Sentarum. Taman nasional ini terletak di Kalimantan Barat, Indonesia. Sekitar setengah taman ini terdiri dari danau. Pada tahun 1999, Danau Sentarum ditetapkan sebagai taman nasional. Sebelumnya, Taman Nasional Danau Sentarum berstatus cagar alam (1981/1982) dan suaka margasatwa (sejak 1983).

Dari ibu kota kabupaten Kota Putussibau dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat dengan waktu tempuh kira-kira 4 jam dan dari ibu kota Kecamatan Semitau dengan menggunakan kendaraan air.Dari Kota Pontianak jaraknya kurang lebih 700Km, sangat jauh memang.
Taman Nasional Danau Sentarum memiliki tumbuhan khas dan asli yaitu tembesu/tengkawang (Shorea beccariana). Selain itu juga terdapat tumbuhan hutan dataran rendah seperti jelutung (Dyera costulata), ramin (Gonystylus bancanus), meranti (Shorea sp.), keruing (Dipterocarpus sp.), dan kayu ulin (Eusideroxylon zwageri).

Pada saat musim hujan, kedalaman air danau tersebut dapat mencapai 6-8 meter dan menyebabkan tergenangnya hutan sekitarnya. Tetapi, pada saat musim kemarau, dimana tinggi air di Sungai Kapuas berangsur-angsur turun, air dari Danau Sentarum akan mengalir ke Sungai Kapuas sehingga debit air di sungai tersebut relatif stabil. Akhirnya pada saat puncak musim kemarau, keadaan Danau Sentarum dan daerah sekitarnya akan menjadi hamparan tanah yang luas. Ikan-ikan yang tadinya berada di danau, akan terlihat di kolam-kolam kecil.Danau ini juga merupakan habitat dari ikan arwana.

Kehidupan masyarakat yang berada di sekitar taman nasional yaitu suku Dayak Iban, Sebaruk, Sontas, Kenyah dan Punan masih tradisional. Rumah panjang (Betang) yang dihuni oleh suku tersebut beragam besarnya, ada yang dihuni lima sampai delapan kepala keluarga dan ada yang dihuni 15 sampai 30 kepala keluarga. Rumah panjang yang dihuni 15 – 30 kepala keluarga, mempunyai panjang rata-rata 186 meter dan lebar 6 meter. Kehidupan di rumah betang memperlihatkan suatu kerukunan, kepolosan dan keramahtamahan suku tersebut.
Posisinya yang terkurung oleh deretan pegunungan besar Kalimantan seperti jajaran Pegunungan Lanjak (Kapuas Hulu ) di sebelah Utara, Pegunungan Muller di sebelah Timur, Dataran Tinggi Madi di sebelah Selatan dan Pegunungan Kelingkang di sebelah Barat, menjadikan kawasan ini seolah-olah sebuah kawah raksasa yang menghampar luas di jantung Kalimantan.

Keunikan dan keindahan fisik Danau Sentarum dengan danau-danaunya yang terhampar luas serta diselingi oleh formasi vegetasi dari tipe hutan rawa kerdil sampai hutan dataran rendah perbukitan serta dikelilingi oleh jajaran pegunungan sungguh merupakan pesona yang sangat mengagumkan. Begitu juga kehidupan biologinya telah menggoda dan mengundang para ilmuan,
pencinta alam dan wisatawan.
sumber: Balai Taman Nasional Danau Sentarum, wikipedia-sentarum.

Author:

0 komentar:

Jika Anda mengetahui tempat ini dan memiliki info yang belum tertulis, silahkan beri masukan agar lebih bermanfaat bagi para Pecinta Wisata Alam Indonesia dan pihak-pihak yang terkait :D