Mata air Oentogo

Oentogo adalah sumber mata air dalam gua yang disuplai untuk kebutuhan air bersih bagi masyarakat Desa Lontoi dan Desa Kaimbulawa, Siompu. Sumber mata air Oentogo ini, tidak pernah kering. Kualitas airnya menurut penelitian tenaga kesehatan Prvinsi Sultra beberapa waktu lalu, alami dan tidak mengandung zat kapur sehingga bisa langsung diminum (konsumsi), tak perlu dimasak.
Keberadaan Oentogo, kini sudah menjadi tempat berwisata baru bagi masyarakat pulau Siompu. Masyarakat kini berbondong-bondong berwisata ke Oentogo, sekitar dua kilo meter dari Desa Lontoi, dan tida kilo meter dari Desa Kaimbulawa. Pada hari libur, seperti hari Minggu dan hari libur lainnya, ratusan warga se-Pulau Siompu datang bertamasyah di sumber mata air tersebut.

Lokasinya yang cukup strategis, yakni berada di bibir pantai. Selain itu, terdapat pepohonan besar untuk tempat berlindung dan menikmati hawa air laut. Air lautnya cukup dalam bila air pasang dan kering jika musim air laut turun. Di depan sumber mata air itu terdapat batu yang tumbuh di laut, sebagai tempat berenang dan menikmati keindahan bawa laut. Hanya saja sebagian terumbuh karangnya sudah hancur akibat hantaman bom ikan, tapi kini tidak ada lagi penangkapan ikan menggunakan bom atau sejenisnya.
sumber: radarbuton.com

Author:

0 komentar:

Jika Anda mengetahui tempat ini dan memiliki info yang belum tertulis, silahkan beri masukan agar lebih bermanfaat bagi para Pecinta Wisata Alam Indonesia dan pihak-pihak yang terkait :D