Pulau Siompu

Pulau Siompu adalah salah satu pulau di wilayah Kabupaten Buton, provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.Pulau kecil dengan luas sekitar 56 km persegi itu terletak di barat daya Pulau Buton, berpenduduk sekitar 18.000 jiwa. Hampir seluruh daratan Pulau Siompu merupakan susunan batu kapur yang keras dan tajam. Jika anda ingin menikmati wisata bahari dan budaya maka memilih Pulau Siompu merupakan pilihan yang bagus, di sekitar pulau ini juga terdapat titik-titk penyelaman. 

Obyek wisata yang ada antara lain Pantai Kaewula'a, mata air Oentogo, gua alam dan juga benteng dari jaman penjajahan, hanya saja pengelolaannya yang masih belum maksimal. Buah Khas yang dihasilkan adalah Jeruk Manis Siompu, dapat anda nikmati pada bulan Juni - September, jeruk Siompu sudah sangat terkenal kemanisannya, hanya saja warna kuning kulitnya kurang merata. Produksi jeruk ini juga sudah mulai berkurang tidak seperti dahulu.

Untuk mencapai pulau Siompu anda dapat menggunakan speed boat yang setiap hari pulang pergi dari siompu ke kota Bau-bau tepatnya di pelabuhan jembatan batu dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Selain itu anda dapat menempuhnya dari pelabuhan Topa menujuh siompu dengan menggunakan kapal kecil (Katinting) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.
Setelah sampai di sana anda akan di sambut dengan kerama-tamahan masyarakat siompu yang selalu menghargai setiap tamu yang datang tanpa melihat siapa dan dari mana tamu itu berasal, apakah seorang bule atau wisatawan lokal.

Dari gambar di atas nampak pulau Siompu yang agak besar, pulau Liwutongkidi yang kecil di tengah dan pulau Kadatua di sebelah utara Pulau Liwutongkidi. Ketiga pulau tersebut sangat penuh dengan keindahan panorama bawah laut yang sangat mengagunmkan bagi setiap para penyelam yang gemar menikmati panorama bawah laut.

 Lihat juga Taman Nasional Wakatobi.

Author:

1 komentar:

  1. Siompu barat, molona adalah ibukota kecamatan yg bisa dibanggakan. Tp lalole watuampara, jangan sekali2 anda berkunjung, bau tai yg tidak sedap bertebaran dimana2....

    BalasHapus

Jika Anda mengetahui tempat ini dan memiliki info yang belum tertulis, silahkan beri masukan agar lebih bermanfaat bagi para Pecinta Wisata Alam Indonesia dan pihak-pihak yang terkait :D