Gua Batu Cermin

Batu Cermin adalah salah satu kawasan gua yang paling terkenal di sekitar Labuan Bajo  Manggarai Barat. Goa alam yang jaraknya hanya sekitar dua kilometer dari pusat ibu kota Labuan Bajo ini ternyata menyimpan keindahan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Di dalam goa sepanjang sekitar 200 meter yang memiliki banyak lorong itu, dipenuhi dengan aneka rupa stalagtit dan stalagmit yang masih terpelihara dengan baik. Daya pukau lain dari goa alam ini adalah di sejumlah bagian goa menempel fosil terumbu karang dan satwa penyu yang telah membatu yang menandakan bahwa goa ini merupakan bagian palung laut pada zaman lampau.

Stalagmit dan stalagtit seakan beradu cepat untuk tumbuh, meraih dinding di depannya. Pada satu sisi gua, tebing kapur tampak seperti membentuk dinding yang halus dan rata. Sinar matahari yang jatuh padanya terpantulkan dengan sempurna pada jam-jam tertentu. Makanya penduduk sekitar menamai tempat ini Batu Cermin.
Lihat juga Pulau Komodo yang masih berada dalam Kabupaten Manggari Barat.

Author:

0 komentar:

Jika Anda mengetahui tempat ini dan memiliki info yang belum tertulis, silahkan beri masukan agar lebih bermanfaat bagi para Pecinta Wisata Alam Indonesia dan pihak-pihak yang terkait :D