Labuan Bajo

Indonesia sejak lama dikenal memiliki ragam budaya dan kekayaan tradisi serta keindahan alam yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.Salah satu tempat menarik di gugusan kepulauan Indonesia yang mungkin masih belum diketahui banyak orang adalah sebuah daerah bernama Labuan Bajo.Daerah Labuan Bajo bisa dikatakan pintu gerbang untuk memasuki kawasan Flores dari arah barat (NTB).

Labuan bajo adalah nama sebuah kota pelabuhan yang terletak di ujung barat Pulau Flores dan merupakan ibukota Kabupaten Manggarai Barat. Banyak pengunjung bila sudah berada di labuan bajo mereka tidak akan lupa mengunjungi Pulau Komodo, pulau Rinca dan pulau kecil lain yang ada disekitar perairan labuan bajo seperti  Pulau Sabolo, Pungu, Mesa,Sabayur, Kanawa,Papagaran, Kukusang,Intan dan pastinya Pulau Bidadari. Karena kendahan alam dan budaya nya PT. Sidomuncul pun menggunakannya untuk latar iklan mereka.
Labuan Bajo juga terkenal sebagai salah satu tempat favorit bagi para penyelam (diver) untuk melihat langsung dari dekat berbagai koleksi terumbu karang unik nan cantik yang ada di alam bawah lautnya. Beberapa spot di Labuan Bajo juga menawarkan objek untuk snorkeling demi melihat beberapa hewan laut yang jarang kita temui di tempat lain.
Wilayah ini juga memiliki kekayaan budaya menarik seperti Tari Caci yang digunakan menyambut para tamu di Labuan Bajo. Tarian yang menggunakan medium cambuk sebagai alat untuk menari ini merupakan salah satu warisan penting dari Labuan Bajo yang sayang untuk dilewatkan bila berkunjung ke sini.

Author:

1 komentar:

  1. nice info gan, mudah2an keberagaman budaya dan wisata indonesia tetap terjaga....

    BalasHapus

Jika Anda mengetahui tempat ini dan memiliki info yang belum tertulis, silahkan beri masukan agar lebih bermanfaat bagi para Pecinta Wisata Alam Indonesia dan pihak-pihak yang terkait :D