Gunung Ranai

Kepulauan Natuna di wilayah provinsi Kep. Riau juga memiliki andalan wisata gunung, walau sebagian besar wilayah ini adalah lautan. Gunung Ranai yang memilik ketinggian 1.035 di atas permukaan laut berada di pulau Ranai, pusat kabupaten di ujung utara wilayah Indonesia yang berbatasan dengan laut China Selatan. Natuna dengan luas wilayah 264.198 kilometer persegi sebagian besar adalah perairan dengan luas 262.197 kilometer persegi. Sebagai kabupaten yang memiliki area sangat luas, Natuna hanya berpenduduk 92.060 dengan laju pertumbuhan pertahun 0,87 persen. Suhu di Natuna versi BPS relatif dingin yaitu 22,7 derajat celcius.
Banyak objek wisata menarik di Natuna selain tentu saja wisata bahari ternyata memiliki gunung Ranai yang mempesona dan unik. Dikatakan unik karena di gunung ini banyak ditemukan jenis pepohonan langka dan tidak umum tumbuh di dataran ketinggian standardnya.

Dari gunung ini, bisa tampak panorama Kota Ranai seperti keindahan Pantai Tanjung, pulau Senoa, pulau Kambing, selat Lampha, pantai Sebagul, pantai Teluk Selahang, pantai Setengar dan sebagainya. Gunung Ranai akan tampak menjulang begitu menjejakkan kaki di pulau Ranai. Gunung ini juga memiliki gradasi jenis- jenis tanaman yang berbeda dari hutan dataran rendah sampai hutan dataran tinggi.

Pada ketinggian tertentu, para pendaki akan menemukan tipe-tipe vegetasi yang memperlihatkan ciri khas pegunungan dataran atas yang biasanya tumbuh pada gunung di ketinggian 2.000 meter.
ntuk mencapai puncak Gunung Ranai, para pendaki harus melampaui tiga puncak berupa tebing batu dengan ketinggian yang berbeda-beda. Puncak pertama bernama Puncak Serendit dengan ketinggian 968 meter.

Puncak ini merupakan gugusan tebing dengan tinggi mencapai 100 meter. Puncak selanjutnya adalah Puncak Erik Samali yang berada pada ketinggian 999 meter dpl. Puncak ini merupakan tebing kedua dengan tinggi tebing sekitar 150 meter. Sementara puncak ketiga (puncak tertinggi) bernama Puncak Datuk Panglima Husin, terletak pada ketinggian 1.035 meter. Seperti dua puncak sebelumnya, Puncak Datuk Panglima Husin juga merupakan tebing dengan ketinggian kira-kira 200 meter. source:tribunnews.
Pulau wisata lain di Kep. Riau yang terkenal indah adalah Bintan.

Author:

0 comments:

Jika Anda mengetahui tempat ini dan memiliki info yang belum tertulis, silahkan beri masukan agar lebih bermanfaat bagi para Pecinta Wisata Alam Indonesia dan pihak-pihak yang terkait :D