Wisata Alam

Wisata Alam merupakan bentuk kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi sumberdaya alam. wujud dari obyek wisata ini dapat berupa pemandangan alam, seperti obyek wisata berwujud pada lingkungan, pegunungan, pantai, danau atau lingkungan hidup yang berupa flora dan fauna.

Negara kita, Indonesia, merupakan negara yang sangat kaya akan potensi wisata alam. Belasan ribu pulau ada di negeri ini, bayangkan ada berapa pantai yang kita miliki? meskipun ada pantai di suatu pulau yang mungkin kurang berpotensi untuk di kembangkan sebagai tempat wisata alam, tapi tidak sedikit yang dalam satu pulau jumlah wisata pantainya puluhan, bahkan ratusan. coba saja hitung berapa jumlah wisata pantai yang ada di Pulau Jawa?? saya yakin pulau besar lainnya seperti sumatra, sulawesi juga memiliki potensi yang tidak kalah besar, apalagi garis pantai pulau-pulau tersebut jauh lebih panjang, hanya saja pengembangannya yang belum maksimal.
                                   Pantai Klayar, Pacitan
Lalu bagaimana dengan gunung? Indonesia merupakan negara yang di lalui oleh dua jalur pegunungan dunia yaitu rangkaian pegunungan mediteran dan pegunungan pasifik. maka tak heran jika memiliki banyak gunung, jumlahnya mungkin ratusan bahkan ribuan, saya tidak tahu pastinya, yang jelas untuk Pulau jawa saja memiliki 35 gunung aktif [data ESDL], belum termasuk yang sudah mati seperti Gunung Muria. Meskipun gunung terkadang membawa bencana seperti letusan merapi, namun potensinya 'baik'nya juga tak kalah banyak. Hampir semua gunung memiliki pemandangan yang mengagumkan dan menarik untuk kegiatan wana wisata seperti pendakian, camping atau kegiatan adventur lainnya.
Selain pantai dan gunung, tentu saja masih banyak objek wisata alam lain yang potensial di negeri ini seperti danau dan taman laut, bahkan beberapa taman laut Indonesia seperti Bunaken dan Raja Ampat di anggap sebagai salah satu yang terindah di dunia. Saya yakin, jika setiap hari satu tempat wisata alam kita kunjungi, sepuluh tahun juga belum selesai.
Taman bawah laut Bunaken
salam wisata Indonesia.

Author:

0 comments:

Jika Anda mengetahui tempat ini dan memiliki info yang belum tertulis, silahkan beri masukan agar lebih bermanfaat bagi para Pecinta Wisata Alam Indonesia dan pihak-pihak yang terkait :D