Pulau Bawean

Pulau Bawean adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa, sekitar 150 kilometer sebelah utara Pulau Jawa. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. pantainya yang kaya terumbu karang memiliki dua obyek wisata yaitu Tanjung Goang dan danau Kastoba.Untuk mencapai pulau ini dapat ditempuh dengan naik kapal jetfoil selama 2-3 jam dari surabaya. Obyek wisata Tanjung Goang terletak di desa Kamalasa, sekitar 8 km dari kecamatan Sangkapura ini memilki keindahan alam yang asri dan di tambah dengan aneka ikan dan terumbu karang di sepanjang pesisir pantai yang dibentengi oleh bukit marmer. Sedangkan Danau Kastoba terletak si Desa P anoramaan sekitar kurang lebih 32 km dari Kecamatan Sangkapura. Danau Kastoba adalah danau yang masih asli, airnya yang tenang dan dingin membuat banyak rusa betah tinggal di sana.
Bawean memiliki 2 kecamatan yaitu Sangkapura dan Tambak. Jumlah penduduknya sekitar 70.000 jiwa, kebanyakan memiliki mata pencaharian sebagai nelayan atau petani selain juga merantau. Etnis mayoritas penduduk Bawean adalah Suku Bawean, diikuti oleh Suku Jawa, Madura dan suku-suku lain misalnya Bugis dan Mandailing.
Diameter pulau Bawean kira-kira 12 kilometer dan jalan yang melingkari pulau ini kira-kira panjangnya 70km dan bisa ditempuh dalam waktu 1-2 jam. Bawean memiliki atraksi pariwisata yang cukup menawan, terutama pantai-pantainya. Ada juga sebuah danau yang terletak tepat di tengah-tengah pulau bernama Danau Kastoba. Beberapa pulau kecil ("gili") juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi.
Bahasa pertuturan mereka adalah bahasa Bawean. Bukannya bahasa Madura seperti yg dimaklumkan sebelum ini. Bangsa Madura adalah bangsa pendatang di kepulauan Bawean.Di Bawean terdapat spesies rusa yang hanya ditemukan (endemik) di Bawean, yaitu Axis kuhli. Selain itu di Pulau Bawean juga ditanam manggis, salak, buah merah, dan durian untuk konsumsi lokal. Puluhan spesies ikan laut juga terdapat di pantai pulau ini.
source: wikipeedia
Pulau lain di Jawa Timur yang tak kalah menarik adalah Pulau Sempu. Sedangkan panta- pantai yang menarik antara lain : Pantai Plengkung, pantai grajagan, pantai camplong, pantai watu ulo, pantai teleng ria, pantai prigi, pantai klayar, pantai popoh, pulau sempu, pantai papuma, Pantai Sukamade.     

Author:

0 comments:

Jika Anda mengetahui tempat ini dan memiliki info yang belum tertulis, silahkan beri masukan agar lebih bermanfaat bagi para Pecinta Wisata Alam Indonesia dan pihak-pihak yang terkait :D